Buku Asbabun Nuzul Karya Imam Suyuthi

Judul Buku : Asbabun Nuzul 

Penulis : Imam As-Suyuthi 
Kategori :Referensi Tafsir 
Isi : 626 halaman 

Deskripsi : 

Salah satu upaya untuk memahami Al-Quran adalah dengan mempelajari ilmu Ulumul Qur'an, menelaah tafsirnya dan mengetahui asbabun nuzul ayat-ayat yang diriwayatkan dengan sanad shahih. Mengetahui sebab turunnya ayat tergolong ilmu yang sangat agung dan berharga, mengingat korelasi eratnya dengan ayat Al-Quran dan sunnah Rasulullah Shallallaahu 'Alihi Wasallam yang merupakan pondasi agama. Selain itu mengetahui asbabun nuzul sangat efektif membantu dalam memahami pengertian ayat-ayat Al-Quran. 

Alur peristiwa dan sebab sampai diturunkannya Al-Qur’an, itulah yang oleh para ulama disebut dengan asbabun nuzul. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui asbabun nuzul ini. Mengetahui asbabun nuzul akan mengantarkan seseorang untuk membuka tabir hikmah yang ada di dalam syari’at Allah, sehingga dengan pengetahuan terhadap hikmah syari’at Allah akan semakin menambah keimanan yang ada di dalam hati. Mengetahui asbabun Nuzul dapat mengantarkan seseorang untuk memahami ayat Allah dengan benar. 

Memahami ayat-ayat al-Qur’an tidak dapat dilakukan hanya bersandar kepada makna harfiah semata, tetapi harus didukung oleh sebab-sebab turunnya ayat, urutan turunnya ayat, sebab, dan tujuan diturunkannya. Pemahaman tersebut akan mengantar keyakinan umat terhadap kemurnian al-Qur’an sehingga tidak ada yang dapat melakukan perubahan maupun penggantian di dalamnya.

Buku Asbâbun Nuzûl karya ulama terkemuka Imam as-Suyuthi ini membahas latar belakang historis turunnya ayat-ayat al-Qur’an atau yang disebut Asbâbun Nuzûl, yaitu rangkaian peristiwa berdasarkan riwayat dari para sahabat dan tabi’in serta penukilan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan melalui tarjih antara berbagai dalil atau menghimpun berbagai dalil yang kerap terdapat pertentangan di dalamnya. Misalnya mengetahui Makiyah dan Madaniyah, nâsikh dan mansûkh, dan sejarah hukum Islam dalam al-Qur’an. Dengan mengetahui ayat al-Qur’an yang pertama kali turun dan yang terakhir turun maka kita juga dapat menetapkan rentang waktu turunnya al-Qur’an kepada Rasulullah S.A.W.

“Tidak mungkin dapat memahami tafsir sebuah ayat tanpa mengetahui kisahnya atau mengetahui penjelasan sebab turunnya.” (Imam Al-Wahidi) 

“Penjelasan sebab turunnya ayat adalah cara yang sangat kuat dalam memahami makna dari Al-Qur`an.” (Ibnu Daqiq Al-‘Ied) 

“Mengetahui sebab turunnya ayat dapat membantu untuk memahami makna dari ayat tersebut, sesungguhnya mengetahui sebab akan mewarisi pengetahuan terhadap apa yang disebabkannya. Banyak dari ulama salaf terdahulu menemui kesulitan dalam memahami makna ayat, maka dengan mereka mengetahui sebab turunnya ayat, kesulitan tersebut kemudian akan hilang.” (Ibnu Taimiyah) 

Join Group Telegram


Tagline :
#DownloadPDF
#BukuAsbabunNuzul

0 Response to "Buku Asbabun Nuzul Karya Imam Suyuthi"

Posting Komentar

Postingan Populer

www.domainesia.com